Monday, March 5, 2012

KENALI GEJALA PENYAKIT PARAH AKIBAT SAKIT PERUT Hal Sepele Yang Mematikan Dari Sekedar Sakit Perut

0 comments
KENALI GEJALA PENYAKIT PARAH AKIBAT SAKIT PERUT Hal Sepele Yang Mematikan Dari Sekedar Sakit Perut. Info sehat - Sakit perut adalah kejadian yang hampir semua orang pasti mengalaminya. Jika ini terjadi pada anda jangan pernah sepelekan sakit perut ini, karena bisa saja penyakit yang lebih ganas sedang mengintai anda.

Pengalaman telah membuktikan bahwa gejala penyakit kronis pada lambung dan sekitarnya adalah di awali dengan sakit perut yang biasa. Mulas, kembung dan bahkan muntah bisa jadi akan berubah menjadi penyakit mengerikan yang lain.

Nah berikut ini adalah beberapa penyakit yang berkaitan dengan sakit perut yang sangat berbahaya bagi tubuh kita. Maka jangan sepelekan sakit perut.seminkota.blogspot.com

1. Batu empedu

Merupakan batu yang terbentuk di kandung empedu, kantung kecil menggantung di bawah hati, dan diperlukan untuk mencerna lemak. Batu-batu ini terkadang menyebabkan pembengkakan dan dapat memblokir saluran ke usus, mengakibatkan rasa sakit.

Sakit batu empedu cenderung menyerang sisi kanan perut bagian atas, terutama setelah mengonsumsi makan lemak. Makanan-makanan tersebut, memang memicu kandung empedu berkontraksi.

"Jika kandung empedu meradang, setiap kontraksi yang muncul akan diperkuat, dan biasanya akan menyebabkan rasa sakit," kata Vivek Kaul, MD, Divisi Gastroenterologi dan Hepatologi di University of Rochester Medical Center in Rochester, seperti dikutip dari Health.com.


2. Peradangan pankreas atau pankreatitis

Peradangan pankreas dapat menyebabkan rasa sakit seperti terbakar di perut bagian atas atau tengah. Beberapa orang bahkan mengalami rasa linu hingga area punggung. Terlalu banyak minum minuman beralkohol bisa jadi pemicunya.

"Untuk meredakan rasa sakit, Anda bisa berbaring telentang dan tarik lalu buang napas secara perlahan. Hal ini juga kadang disertai rasa mual," kata Osama Alaradi, MD, seorang gastroenterologist di Henry Ford Hospital.

3. GERD

Merupakan singkatan dari gastroesophageal reflux disease. Ini bisa menyebabkan rasa nyeri di bagian atas perut dan di bawah dada atau dikenal dengan heartburn. Pemicunya adalah katup yang memisahkan perut dari kerongkongan dalam kondis lemah. Kondisi ini membuat zat asam dari perut naik ke dada. Makan makanan yang mengandung banyak lemak, bisa memperparah kondisi ini.

4. Endometriosis

Kondisi ini terjadi ketika sel-sel dari dinding rahim menyebar ke area yang tidak semestinya dan mulai tumbuh di bagian lain dari tubuh, biasanya di sekitar panggul. Efeknya adalah rasa nyeri, haid tidak teratur hingga infertilitas.

Jika endometriosis hanya pada satu area kecil, pembedahan dapat membantu mengatasinya. Perawatan lainnya adalah melalui pengobatan dan terapi hormon. Lalu, ketika siklus menstruasi datang, kondisi ini cenderung mendorong rasa sakit yang luar biasa.

5. Masalah tiroid

Meskipun kelenjar tiroid terletak di area leher, tapi juga bisa menyebabkan masalah pada bagian perut. Jika kelenjar memproduksi terlalu banyak hormon, bisa mempercepat kerja saluran pencernaan.

Efeknya adalah mengakibatkan kram perut dan diare. Sebaliknya, ketika memproduksi hormon terlalu sedikit, maka bisa memicu produksi gas di perut dan sulit buang air besar.

"Tiroid memiliki beberapa fungsi dalam mengatur kerja organ tubuh, salah satunya adalah kerja saluran pencernaan

Gejala Penyakit, Kronis, Penyakit Pencernaan, Obat Sakit Perut, Kesehatan Perut

sumber:vivanews

Leave a Reply

Blog ini DOFOLLOW, silahkan tinggalkan pesan anda.

 


Berita terbaru dari seminkota.blogspot.com © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here